Kamis, 19 Juli 2012

Berhijab apa enggak ya ?


Assalamu’alaikum..
Tema saya kali ini akan membahas kesiapan para ukhti dalam berhijab. Banyak ukhti yang berpandangan saya ga mantep berhijab, ntaran aja deh nunggu hati udah siap, nunggu nikah, nunggu tua, de el el. Hehe.. Mungkin yang ukhti sering pikirin ntar kalo uda berhijab cari kerjaan susah, ntar cari jodoh juga susah, haha.. Yah karena uda gak bisa gaya lagi gara-gara udah berhijab jadi kita ga bisa mikat hati para akhi. Semua anggapan ukhti itu salah besar, itu alasan klasik banget.
Lalu bagaimana seharusnya, kita mantepin hati dulu baru berhijab apa berhijab dulu baru mantepin hati? Biasanya sih para ukhti nunggu siap dulu, mantepin hati baru deh berhijab. Kadang-kadang para ukhti hijabnya juga moody, kadang pake kadang ga pake. Hmmm… ironis banget. Kenapa kita harus nunggu siap dulu baru berhijab? Apa ayat Al-Qur’an dan hadist-hadist itu ga cukup buat mantepin hati-hati para ukhti.. Dan sesungguhnya Allah Maha Tahu dari apa yang segala Dia perintahkan ke kita. Dulu saya memang tidak berhijab, itupun karena kurangnya saya dalam memahami ayat-ayat Al-Qur’an beserta hadistnya. Tapi akhirnya saya sekarang memutuskan berhijab dan memang luar biasa manfaatnya meskipun saya baru 1 tahun berhijab. Yang biasanya sering digoda disiulin di jalanan, sekarang malah sering disapa salam, Allahuakbar. Jelas mereka para akhi lebih menghargai para ukhti yang mengenakan hijab daripada yang tidak.

 
Bagaimana dengan anggapan, toh akhlak perempuan yang berhijab juga ga jauh lebih baik dari perempuan yang tidak berhijab. Ukhti, berhijablah karena keihklasan, bukan karena tuntutan. Dan tidaklah malu jika kita sudah mengenakan hijab akan tetapi akhlak kita jauh dari kebaikan? Tanpa kita sadari dengan mengenakan hijab kita harus senantiasa memelihara akhlak kita dan disitulah kita belajar memperbaiki akhlak. Saya percaya berhijab akan mengurangi sisi negative dalam diri kita dan menghindari kemaksiatan. Jika kita menunggu kesiapan hati, sampai kapan? Bagaimana juga dengan opini masyarakat orang berhijab itu ga modis, susah cari kerja. Zaman uda berkembang pesat baik itu style baju dan kerudung. Sekarang sudah tersebar luas style kerudung dan model baju perempuan muslim namun tetap mengutamakan syariat islam. Itu juga sudah tidak awam karena memang sudah banyak yang menjualnya baik via online ataupun di toko-toko terdekat. Dengan begitu kita yang berhijab juga tidak hanya akan dipandang sebelah mata. Bahkan perempuan berhijab sekarang sudah menjadi topik menarik. Kemudian soal kerja, masih banyak pekerjaan yang lebih menjanjikan daripada ukhti harus melepas hijab ukhti. Dan tidaklah lupa sesungguhnya yang memberikan kita rizqi itu Allah bukan para bos yang melarang kita berhijab untuk bekerja. Kadang kita juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan berdagang. Bukankah rosul dulu juga seorang pedagang. Bagaimana masihkah ukhti untuk tidak berhijab?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar