Kamis, 08 September 2011

Apa Yang Harus Kita Lakukan disaat Kita Depresi?



       Haiii semua.. Uda lama ga posting ni :) How are you? Fine pasti ya. Alhamdulillah. Aku lagi pengen ngebahas tentang penyakit Depresi, lebih spesifiknya gimana cara penanganannya.. Jujur sich aku dulu perna depresi & itu ga cuma sekali. Aku harap teman-teman jangan seperti aku ya. Depresi itu butuh penanganan secara bertahap dan lumayan lama. Langsung aja ku kasi ya :)






1. Posthink

Posthink alias Positive Thinking. Apa salahnya kita biasakan diri dengan positive thinking. Mulailah berpikir secara tenang. Jika kita mendapat masalah janganlah selalu berputus asa. Coba cari jalan keluar & ambil hikmahnya saja. Tuhan ga akan kasi cobaan melebihi umatNya kan? Jadi jangan perna takut menghadapi semua masalah :)


2. Curhat

Cara yang satu ini mungkin sudah sering kalian lakukan. Curhat yang dimaksud adalah mengeluarkan isi hati atau unek-unek. Curhat bisa dilakukan dengan segala cara, ga Cuma cerita ke temen bahkan curhat lewat internet. Biasakan curhat ke orang tua atau ke orang yang lebih terpercaya. Ga mau kan masalahmu jadi tambah gedhe gara-gara kecolongan. Curhat bisa menghilangkan sedikit rasa stersmu lho!


3. Refreshing

Di saat-saat senggang lakukan penyegaran. Lakukan hal-hal yang positive, misal: Ikut acara baksos, pergi ke salon, tamasya bareng orang terdekat, dan masih banyak yang lainnya. Jangan lakuin hal yang ga berguna buat kamu sendiri, nanti malah bikin keadaan mu semakin buruk.


4. Dengerin musik

Mendengarkan musik juga dapat mejernihkan pikiran kita loh J Ga salah deh sekarang kita bisa mudahnya mendengarkan musik, lewat mp3, handphone, pc, dll. Tapi hati-hati ya! Jangan dengerin musik yang punya kenangan buruk tentang kita, soalnya itu bisa bikin depresi kita tambah parah.


5.Berobat

Kalau depresi kita semakin parah mulailah segera berobat. Ga ada salahnya kita datangin psekiater buat ngecek kesehatan pikir kita. Biasanya sich sama dengan no. 2. Kita nanti bakal ditanya-tanya soal masala kita, kita disuruh curhat & dikasih jalan keluar dengan masala kita (berdasarkan pengalaman pribadi)


6. Ikhtiar

Jika depresi kita tetap ta dapat disembuhkan, berdoalah. Setelah kita sudah berusaha & berdoa kita hanya bisa berasabar dan ikhtiar. Percayalah semua kepada Tuhan yang akan memberikan pelajaran yang indah di dalam semua masalah.

        Berdasarkan permintaan teman aku tambahin ni. Berwudhu, berwudhu juga termasuk cara buat nenangin diri. Kemudian solat, solat minta petunjuk ke Allah. Pasti hatimu akan lebih tenang. Mengaji, dijamin hati adem deh kalo kita rajin ngaji. Selagi bikin hati adem kita juga bisa mengerti makna Al-Qur'an yang sebenarnya. Aku rasa cukup untuk tips kali ini. Jangan perna menyerah untuk menghadapi suatu masalah, karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Aku berhasil lho pakai cara di atas. Sekian dari saya & semoga bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar