Minggu, 29 April 2012

Pernakah Kalian Berpikir Meninggalakan Solat?

      
          Assalamu’alaikum semua :) Saya kembali hadir mengisi arsip-arsip blog saya, hehe. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang solat. Seperti yang kita ketahui solat adalah tiang agama, yang dimaksud disini adalah solat suatu kewajiban umat muslim sebagai arah tujuan hidup. Yahh biar hidup kita itu ayem-ayem aja meskipun banyak cobaan menerpa. Ciye.. ciye.. hehe.. Tapi dari realita yang saya lihat justru solat semakin ditinggalkan. Mengapa? Kebanyakan mungkin karena mereka terlalu sibuk dengan aktivitasnya, atau mereka malas. 
 
Akan tetapi sewaktu saya ngobrol-ngobrol sama temen sebangku saya Smk, karena memang waktu itu saya masih kelas 3 Smk. Dia ga sengaja bilang “kenapa ya aku ngerasa hidupku ga ada perkembangan kalau aku solat, justru sebaliknya” Yang pada saat itu saya jarang-jarang solat langsung kesadar kalau selama ini saya kurang mendekati Allah, yang saya lakukan hanya membatin doa dan berharap dikabulin. Padahal dulu saya selalu rajin beribadah, berdoa dan Allah juga amat menyayangi saya dengan pengabulan terhadap doa-doa saya. Tapi ga cukup disitu saya bisa langsung berubah mendekatkan diri ke Allah. Berbagai peringatan dan teguran yang menggugah hati saya dan sampai akhirnya saya sekarang mencoba menjalankan segala perintahNya dan menjauhi laranganNya. Lalu bagaimana dengan teman saya itu? Cukup lama itu menjadi unek-unek saya, kenapa, kenapa dan kenapa. Dan jawaban itu sekarang sudah terjawab saat saya mengikuti mata kulia Pendidikan Agama Islam. Yang waktu itu salah satu teman kulia saya bertanya “Bapak, mengapa orang kafir doanya selalu dikabulkan sedangkan doa kita tidak, sehingga kita beranggapan untuk meninggalkan solat?”. Beliau menjawab “cobaan hidup ada 3: azab, peringatan / teguran, yang ketiga itu dari pertanyaan sampean sendiri”. Nahh disini kita jadi tahu kan Allah memberikan cobaan bukan hanya dari kesusahan, kemiskinan tapi justru dari kebahagiaan atau kekayaan. Semakin kita kaya atau semakin kita punya segalanya disitulah kita harus semakin sadar diri mendekatkan diri ke Allah agar kita dijauhkan dari segala laranganNya. Dan sebaliknya jika Allah belum mengabulkan doa kita, kita dianjurkan untuk lebih bersabar dan tawakal. Ketahuialah Allah Maha Tahu dari apa yang tidak pernah kita ketahui. Justru dengan solat kita mempunyai ketenangan hati dalam menghadapi cobaan dengan ketentuan anda harus benar-benar khusyuk dan ikhlas dalam mengerjakannya. Niatkan hati hanya untuk Allah dalam mengerjakan sesuatu. InsyAllah anda akan lebih kaya hati dan berbahagia. Sudah terbukti dengan lemahnya iman akan membuat hidup kita hancur dan kebimbangan hati. Salah satu contohnya di Negara Cina terdapat beberapa aktris dan aktor yang meninggal karena bunuh diri. Mereka hanya beragama kepercayaan. Bagaimana dengan anda? Apakah masih ingin meninggalkan solat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar